Cara Membuat Daftar Pustaka Halaman All

Jadi, adanya daftar pustaka ini bukanlah sekadar untuk memenuhi kelengkapan penulisan saja. Jurnal cetak banyak digunakan sebagai referensi dikarenakan sangat dapat dipercaya. cara menulis daftar pustaka dari jurnal Hal ini karena mencetak sebuah jurnal membutuhkan proses panjang yang begitu ketat. Namun, tidak semua dapat mengemasnya ke dalam suatu tulisan ilmiah yang bagus.

cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Langkah terakhir adalah menuliskan daftar pustaka sesuai dengan kaidah yang telah ditentukan disesuaikan dengan masing-masing kategori sumber. Jika dari seorang penulis, digunakan beberapa rujukan, nama penulis cukup dicantumkan satu kali. Memberikan kemudahan bagi pembaca untuk mencari referensi lain selain karya tulis yang kamu susun. Memiliki tanggung-jawab ilmiah, jadi tulisan yang Anda tulis bisa bertanggungjawab atau tidak juga dapat dilihat dari sumber referensi yang Anda gunakan. Jika mengambil artikel jurnal bold dari universitas, tambahkan tanggal diaksesnya artikel dan nama universitas.

MLA paling sering diaplikasikan oleh para pelajar di bidang seni dan humaniora, terutama di Amerika Serikat. Ini bisa dibilang yang paling tepat untuk digunakan dalam semua gaya kutipan. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 system Smart device. Maka, di daftar pustaka nanti kamu harus menulisnya menjadi Hermanto, Rudi, Budi Sudjarwo, dan Rangga Saleh. Misal buku yang menjadi referensi adalah cetakan ketiga maka cetakan ketiga tersebutlah yang dipakai. Untuk menggunakan aplikasi ini terlebih dahulu unduh di mendeley.com setelah itu lakukan instalasi di perangkat komputer atau laptop. Jangan lupa instal plug-in untuk Microsoft Word dan peramban net kamu agar dapat melakukan sitasi secara otomatis.

Jika menggunakan video clip dari web, tuliskan tanggal video dipublikasi beserta panjangnya durasi video dan URL video clip. Dari contoh di bawah, ‘5.42’ menandakan durasi video clip. Jika mengutip dari majalah atau koran elektronik, tambahkan ‘diakses dari’ beserta url yang diakses. Jika kamu menggunakan lebih dari satu buku dengan penulis yang sama, maka urutkan secara berurutan berdasarkan dari tahun terbit yang paling awal. Daftar pustaka yang memiliki penulis yang sama, diurutkan berdasarkan tanggal publikasi yang paling awal.

Oleh sebab itu, jurnal menjadi tulisan yang sangat untuk dijadikan sebagai rujukan membuat tulisan ilmiah. Saat peneliti mengutip pendapat atau information dari suatu sumber, mereka wajib mencantumkan referensinya di daftar pustaka. Jika tidak, peneliti bisa saja mengalami masalah di kemudian hari. Jangan lupa untuk menggunakan tanda baca titik (.) untuk membatasi setiap bagian informasi buku yang dikutip. Daftar pustaka juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui di kota mana penerbitan buku dilakukan dan tentunya pada tahun berapa buku tersebut diterbitkan. Info ini bisa dimanfaatkan untuk melihat relevansi atau keakuratan isi buku. Bila isi buku yang sama telah diterbitkan beberapa kali dan buku yang dikutip merupakan buku terbitan teranyar.

Nama pengarang, tahun penerbitan, judul dokumen, keterangan penerbitan, tempat penerbitan. Artikel hasil penelitian marginal 18 acuan, sedangkan artikel kajian marginal 25 acuan. Selain itu, Investor Ajaib juga dapat melihat analisis berdasarkan indikator teknikal, memantau perubahan harga, dan melihat sentimen pasar berdasarkan berita-berita terkini. Financier Ajaib diharapkan untuk dapat memahami risiko sebelum berinvestasi. Penulisan nama judul harus dibedakan dengan diberi efektebal/miring/garis bawahataudiapit tanda petik dua (“). Jika mengambil sumber dari internet, untuk alasan kredibilitas, tidak diperbolehkan mengambil sumber dariblogspot, wordpress, atau wikipedia. Jika sumber yang digunakantidak ada nama pengarangnya, maka ditulis nama lembaga/instansi yang menerbitkan.

Berikut ini beberapa cara menulis daftar pustaka dari jurnal. Beberapa sumber ini dikutip dari panduan resmi daftar pustaka yang dikeluarkan kampus IPB. Beberapa contoh dilengkapi pula dengan style penulisan daftar pustaka. Ketika menulis sebuah tulisan ilmiah, kita diharuskan untuk menyajikan tulisan yang berasal dari sumber yang benar. Dari situlah penulisan daftar pustaka sangat diwajibkan dalam penulisan karya ilmiah. Daftar pustaka adalah daftar yang berisi tentang buku-buku atau sumber lainnya yang digunakan dalam sebuah penelitian ilmiah.

Beberapa buku juga ada yang tidak ada nama penulisnya. Bagaimana cara menuliskan nama penulis di daftar pustaka? Jika tidak ada penulisnya yang tercantum dalam sumber maka ditulis dengan nama lembaga penerbit atau dengan “anonim”. Berikut beberapa contoh daftar pustaka tanpa nama penulis. Tetapi masih banyak ditemukan di beberapa karya tulis yang belum menerapkan penulisan daftar pustaka dengan baik dan benar. Mulai dari kesalahan urutan objek daftar pustaka hingga tanda baca penulisannya masih sering terjadi di beberapa tulisan.